Rabu, 13 Februari 2013

MENILAI BENTUK TUBUH IDEAL SEEKOR KOI

MENILAI BENTUK TUBUH IDEAL SEEKOR KOI Dalam penilaian dan penjurian seekor ikan koi. Pemenang Grand Champion (Juara Tertinggi) hanyalah ikan yang memiliki bentuk tubuh ideal (kepala, mata, badan dan ekor ) dan tentu saja berukuran jumbo. Dan kriteria utama  penilaian semua jenis koi adalah pada bentuk tubuhnya.

BENTUK KEPALA

Bagian kepala harus terlihat seimbang antara panjang dan lebarnya. dengan bentuk mulut bulat dan indah. koi dengan kepala yang terlihat berujung pipih adalah indikasi koi yang tidak berkembang dengan baik. yang paling popular dan paling banyak diminati adalah kepala koi yang terlihat bagai memiliki pipi tembam dengan kepala bulat sempurna layaknya anak balita. Koi jenis ini disebut "OTAFUKA" yang kurang lebih berarti "baby - face" koi.



OTAFUKA bentuk kepala dengan pipi tembam. Generasi pertama yang memiliki bentuk di atas adalah koi yang memiliki garis darah (bloodline) SENSUKE - KOHAKU




POSISI MATA


Posisi mata harus simetris dengan bentuk kepala. Pada beberapa garis darah letak mata ada yang sedikit ke atas dan juga ada yang sedikit ke depan atau ke belakang. Memilih posisi mata yang paling bagus sungguh merupakan selera masing - masing penggemar. Yang merupakan poin buruk adalah bila mata terlihat menonjol dan cenderung keluar dari kepala, atau biasa di sebut " pop eyes " . Bentuk mata seperti itu mengindikasikan bahwa koi pernah terinfeksi bakteri, luka atau dampak dari kualitas air yang kurang baik.



 Posisi mata yang simetris (kiri) dan mata yang cenderung menonjol merusak keindahan koi (kanan)



BENTUK BADAN

Yang ideal adalah bentuk badan seimbang, kompak sekaligus terlihat kokoh. Tanda kokoh, terlihat dari sedikit "redneck" dibagian punggung yang tidak terlalu besar, lembut dan melengkung indah seperti rusuk, yang mengekspresikan keindahan dan keanggunan.

Pada koi berukuran 60 cm +, bagian belakang kepala terlihat lebih lebar, sementara pada koi yang lebih kecil (40 cm - ) biasanya kepala terlihat lebih besar dari badannya. Koi betina umumnya terlihat lebih anggun. Bentuk tubuh seimbang, kokoh dan sehat adalah paduan sempurna yang seharusnya dimiliki oleh koi.



(1). Bentuk Tubuh Ideal
(2). Kepala Terlalu Tiris
(3). Terlalu Kurus
(4). Kepala Terlalu Pendek
(5). Pot Belly


STRUKTUR EKOR

Selain bentuk tubuh, struktur pangkal ekor (OZUTSU) adalah tanda - tanda lain bagi koi yang kokoh dan berpotensi berkembang baik. Koi dengan OZUTSU yang besar dan kuat adalah menarik dan memiliki potensi tumbuh dan berkembang hingga berukuran jumbo.

Khusus pada koi Tosai dan Nisai, terdapat dua tanda lain yang dapat digunakan untuk memprediksi potensi pertumbuhannya. Bagian kepala dan punggung yang secara proporsional lebih besar dibandingkan badannya dan struktur pangkal ekor yang besar dan kokoh adalah tanda - tanda signifikan bagi koi yang berpotensi berukuran jumbo.




Pangkal ekor yang lebar dan kokoh (kiri) dan pangkal ekor yang kecil (kanan)
Sumber : koi-s magazine, Sven Keller

Tidak ada komentar:

Posting Komentar